Jokowi Kaget Terima Penghargaan dari Bangkok



TEMPO.CO , Jakarta: Walikota Surakarta, Joko Widodo mengaku kaget ketika menerima penghargaan untuk kategori Kota Terbaik dalam acara Delgosea Conference di Bangkok, Kamis 9 Agustus 2012 lalu. Semula, dia berpikir Solo hanya diundang untuk mempresentasikan strategi penataan kota.

"Saya sebenarnya diundang untuk presentasi saja, makanya saya kaget juga," kata Jokowi pada Tempo di Hotel Atlet Century Park, Jakarta, Sabtu, 11 Agustus 2012. Sayangnya, ia berhalangan hadir ke Bangkok, Thailand, dan hanya diwakili oleh salah seorang pejabat pemerintah kota Surakarta.

Di Bangkok, wakil pemerintah Solo diminta memaparkan bagaimana mereka menata kaki lima dan pasar di kota itu. Sejak 2 tahun lalu, Solo memang ditunjuk menjadi tempat pelatihan untuk penataan kota dan pedagang kaki lima di kawasan Asia Pasifik.

Jokowi mengaku tak terlalu tersanjung dengan berbagai penghargaan yang dia terima selama menjabat Walikota Solo. "Tugas saya hanya bekerja, kalau mau dinilai baik ya silakan, dinilai tidak baik, juga silakan," katanya.

 ANANDA W. TERESIA